BANDUNG - Pemerintah Kabupaten Bekasi berhasil meraih Predikat Kualitas Tinggi atau Kategori B Zona Hijau dalam Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2024 terhadap unit pelayanan pemerintah daerah.
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam, pada acara Penganugerahan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI, di Hotel Grand Sunshine Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (4/12).
Pj. Sekda menjelaskan bahwa pada penilaian yang dilakukan terhadap unit pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Sosial, Puskesmas Lemahabang, dan Puskesmas Sukamahi, sudah masuk dalam kategori kualitas tinggi, sedangkan pada unit pelayanan pada Dinas Kesehatan masih masuk dalam kategori kualitas sedang. Namun secara keseluruhan, Pemkab Bekasi sudah masuk dalam kategori kualitas tinggi atau zona Hijau dengan nilai 87.88.
“Ada beberapa peningkatan yang sudah berkualitas tinggi antara lain Disdukcapil, Dinas Pendidikan, DPMPTSP, Puskesmas Lemahabang, dan Puskesmas Sukamahi, yang masih harus melakukan perbaikan yaitu Dinas Kesehatan,” ungkapnya.
Ia mengungkapkan, hasil penilaian pada tahun ini akan dilakukan evaluasi untuk dapat dilakukan upaya perbaikan agar kualitas pelayanan publik di Pemkab Bekasi bisa terus meningkat. Dengan peningkatan kualitas yang terus dilakukan, ia berharap tahun berikutnya Pemkab Bekasi bisa masuk dalam kategori kualitas tertinggi.
“Dari hasil tahun sekarang kita evaluasi kemudian kekurangannya kita sampaikan kepada unit pelayanan untuk dilakukan perbaikan,” ungkapnya.
Menurutnya, penghargaan ini dicapai berkat upaya bersama seluruh perangkat daerah dalam meningkatkan kepatuhan kualitas pelayanan yang sesuai standar Ombudsman RI. Oleh sebab itu, ia mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.
“Upaya ini tidak serta merta jadi. Kita berupaya meningkatkan pelayanan kepatuhan dari Ombudsman RI. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanannya,” ucapnya.
Reporter: ind
Editor: shn