Web Resmi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Bekasi

25 Januari 2023 - 08:23:35 | 42

Tingkatkan Potensi Koperasi Karyawan, Pemkab Bekasi Studi Tiru ke Koperasi Jasa KIM

admin

MEDAN - Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Jajaran Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi melakukan studi tiru ke Koperasi Jasa (Kopja) PT Kawasan Industri Medan (KIM), Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu, (25/1). 


Dalam wawancaranya Dani Ramdan menyampaikan, potensi koperasi karyawan di Kopja KIM ini begitu besar, baik dari jumlah permodalan, skala usaha maupun jenis usahanya. 


“Kalau di Kabupaten Bekasi sendiri sebenarnya sudah ada yang seperti Kopja KIM ini, hanya saja banyak yang belum tergerak,” ucapnya.


Ia juga menjelaskan beberapa hal yang menjadi kendala mengapa belum tergeraknya koperasi karyawan yakni, belum adanya dukungan manajemen perusahaan terhadap eksistensi koperasi karyawan serta belum besarnya animo karyawan untuk mengembangkan koperasi tersebut.


“Kendalanya belum ada dukungan managemen dan masih kurangnya animo karyawan, karena masih belum semuanya memiliki kesadaran kalau koperasi juga bisa turut menyejahterakan kehidupan,” jelasnya.


Pemkab Bekasi dikatakan Dani juga ingin mendorong agar koperasi karyawan bisa menjadi sarana pengembangan ekonomi masyarakat, dimana dengan modal besar yang terhimpun oleh koperasi ini diharapkan bisa membuka kesempatan usaha yang bisa melibatkan masyarakat di sekitar perusahaan.


“Tentu kita ingin mendorong agar koperasi karyawan bisa menjadi sarana pengembangan ekonomi dan Kopja KIM ini sudah seperti itu,” ucapnya.


Menurutnya, Koperasi karyawan yang bagus bisa mewadahi kesejahteraan karyawan dan kemajuan di sebuah perusahaan, sehingga bisa dikatakan perusahaan yang pengelolaan koperasinya bagus jarang sekali melakukan demo.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi, Ida Farida, mengatakan tujuan studi tiru ini juga ingin mengetahui bagaimana Kopjas KIM bisa bangkit dari keterpurukannya hingga bisa berhasil sampai saat ini.


“Kita ingin melihat koperasi karyawan yang terbaik, dan Kota Medan kami nilai memiliki itu. Bagaimana koperasi bisa cepat bangkit termasuk dalam susunan kepengurusannya dan lain sebagainya,” jelasnya.


Reporter : shn

Berita Populer
Agenda
Layanan Online